Tahun 2014

Laporan audit internal mutu merupakan saran pertanggungjawaban internal auditor mutu atas penugasan pemeriksaan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi. Melalui laporan ini internal auditor mutu akan mengungkapkan dan menguraikan kelemahan yang terjadi dan keberhasilan yang telah dicapai.

Internal audit mutu dalam melakukan pemeriksaan senantiasa diikuti dengan pembuatan laporan, dimana hal ini adakah merupakan hasil akhir dari pekerjaannya. Laporan harus disusun, sehingga pimpinan Perguruan Tinggi (PT) dapat mengerti permasalahannya dan segera mengambil keputusan mengenai tindakan seperlunya. Laporan ini sedapat mungkin ringkas, jelas dan lengkap. Fakta yang dilaporkan harus menggambarkan seluruh kegiatan unit kerja pada perguruan tinggi yang diperiksa. Maksudnya laporan harus objektif dan dapat dipertanggungjawabkan dengan bukti-bukti pendukung yang kuat. Laporan ini sebaiknya dibuat tepat pada waktunya, karena laporan yang terlambat akan kurang dalam pengambilan keputusan atau tidak bermanfaat.

Laporan internal auditor mutu pada dasarnya adalah merupakan laporan intern Perguruan Tinggi (PT). Bantuk laporan ini dapat berbeda-beda dari Perguruan Tinggi dengan Perguruan Tinggi lainnya, karena bentuk yang standar tidak ada ditetapkan, berbeda dengan laporan yang dibuat akuntan publik.